28 December 2010 0 komentar

Menghadapi Krisis Perusahaan

Salah satu permasalahan yang di hadapi oleh manajemen perusahaan adalah situasi krisis yang melanda perusahaan. implikasi beberapa masalah perusahaan, tak hanya berpengaruh terhadap perusahaan itu sendiri, tapi juga menjerat banyak pandangan kecil ikut merasakan akibatnya. hasilnya, sekian banyak pengangguran yang terjadi,dan banyak produk yang tak laku di jual.

Di samping masalah besar, tak jarang perusahaan dilanda masalah yang implikasinya hanya terbatas pada ruang lingkup perusahaan itu saja. Seperti krisis masalah pencemaran lingkungan oleh pabrik, unjuk rasa pekerja, produk yang tak bisa dipasarkan, atau masalah kericuhan dengan pemerintah dalam hal peraturan terkait izin usaha.

Melihat banyak contoh besar penanganan masalah, terkesan kebanyakan perusahaan belum mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan krisis. Tapi, kurangnya persiapan perusahaan menghadapi kasus krisis, tak hanya melanda perusahaan di Indonesia. Perusahaan besar di Amerika Serikat (AS) pun banyak yang tak mempunyai program manajemen krisis.

Sebuah survei tentang manajemen krisis yang dilakukan di AS menyebutkan, walau para manajer perusahaan mengakui bahwa krisis besar dapat melanda perusahaan mereka, namun hanya separuh yang mempunyai program manajemen krisis (crisis management plan). Tampaknya, banyak perusahaan yang mengabaikan masalah ini. Mereka baru kelabakanan dan panik jika krisis betul-betul terjadi.

Upaya menghadapi krisis, sebenarnya tak jauh berbeda dengan upaya seseorang menghadapi suatu penyakit ganas. Yaitu melakukan upaya preventif dan upaya kuratif.

Upaya Preventif

Yang paling baik dalam mengatasi terjadinya krisis adalah upaya yang sifatnya preventif. Pada upaya preventif beberapa hal yang dapat dilakukan:

Pertama, menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan. Bila masyarakat memiliki kepercayaan terhadap suatu perusahaan penghasil produk yang dikonsumsi mereka, biasanya masyarakat tak akan mudah termakan isu yang disebarkan oleh orang tertentu yang ingin merugikan perusahaan.

Bila terjadi kasus nyata suatu produk menimbulkan korban akibat sabotase dengan cara memasukkan racun atau barang berbahaya lainnya, adanya kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan akan memudahkan manajemen krisis.

Pembentukan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan, dapat ditempuh dengan cara membina hubungan baik dengan media massa. Dengan adanya hubungan baik ini media massa akan memberi informasi yang baik tentang perusahaan.

Adanya hubungan baik dengan media massa akan menolong jika suatu ketika terjadi krisis melanda perusahaan. Sorotan media massa terhadap krisis yang terjadi, tak akanterlalu diwarnai oleh publikasi yang merugikan.

Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan juga dipengaruhi oleh bagaimana imageimage perusahaan di mata masyarakat akan baik. perusahaan di mata masyarakat. Bila masyarakat melihat bahwa banyak keuntungan yang diberikan perusahaan kepada kegiatan amal dan sosial, maka

Selain itu, membina hubungan dengan tokoh masyarakat, pimpinan informal (bukan bagian birokrasi pemerintahan) seperti pemuka agama, juga akan sangat membantu pembentukan image yang baik. Image yang baik ini sangat memperkuat daya perusahaan dalam ketahanan menghadapi krisis. Masyarakat tak akan mudah termakan isu yang merugikan perusahaan.

Image perusahaan yang baik, dapat pula dibentuk dengan menciptakan rule of conduct bagi setiap karyawan perusahaan yang selalu ramah dan mudah menolong saat berhubungan dengan masyarakat. Tentu saja, rule of conduct yang baik ini akan besar kemungkinan untuk dilakukan para karyawan, bila perusahaan memberi suasana kerja yang menyenangkan bagi para karyawannya.

Kedua, membina hubungan baik dengan aparat pemerintah. Aparat pemerintah memegang posisi sentral dalam membantu mengatasi problem perusahaan. Larangan terhadap produk atau himbauan agar masyarakat tak mudah termakan isu, biasanya dilakukan oleh pemerintah. Khusus bagi perusahaan di negara berkembang, sangat penting untuk membina hubungan yang baik ini. Karena umumnya di negara-negara berkembang, peran pemerintah dalam kegiatan kehidupan masyarakat masih sangat dominan.

Hampir semua aspek kehidupan sangat dipengaruhi oleh pemerintah. Peran aparat pemerintah di lini bawah, seperti ketua RT, RW, RK, lurah, camat dan bupati, sangat besar artinya dalam meredakan isu bila suatu ketika terjadi krisis yang melanda produk perusahaan. Namun seringkali bagian pemasaran produk (salesman) kurang memperhatikan arti penting pembinaan hubungan pribadi dengan para tokoh masyarakat ini.

Ketiga, satu bagian penting dari benteng pertahanan dalam menghadapi krisis adalah lini terbawah mata rantai pemasaran. Bila produk yang dijual seperti rokok, roti, sabun, dan barang keperluan sehari-hari, mata rantai terbawah ini adalah para pengecer, seperti toko, warung dan dan pedagang asongan.

Keempat, menyiapkan ‘program manajemen krisis’. Dalam situasi normal, perlu ada tim khusus yang dibentuk yang akan menangani krisis bila suatu ketika krisis terjadi. Anggota tim krisis ini diambil dari beberapa unsur: bidang produksi, pemasaran, public relation, dan bagian lain yang kiranya terkait.

Beberapa perusahaan maju di USA bahkan memiliki ruang khusus yang dipersiapkan untuk Tim Manajemen Krisis. Di dalam ruangan ini dipersiapkan segala informasi tentang apa yang harus dilakukan bila suatu saat krisis terjadi, siapa orang/perusahaan/pejabat yang harus dihubungi, lengkap dengan nomor telepon, alamat, dan tempat yang paling mudah dihubungi.

Tim yang seperti ini, misalnya sudah dimiliki oleh perusahaan penerbangan dalam menghadapi krisis. Baik saat terjadi kecelakaan pesawat, pembajakan dan lain-lain.

Di saat tak ada krisis terjadi, tim ini biasanya melakukan permainan simulasi menghadapi krisis. Permainan simulasi ini dibutuhkan untuk melatih kecepatan bertindak bila krisis betul-betul terjadi. Permainan simulasi ini sering dilakukan kalangan angkatan bersenjata di beberapa negara. Di masa damai, mereka bermain latihan perang-perangan untuk melatih kemampuan menghadapi perang yang sebenarnya.

Di Amerika Serikat sering dilakukan latihan bahaya kebakaran di gedung bertingkat. Maksudnya adalah untuk membiasakan para penghuni bertingkat untuk menyelamatkan diri bila terjadi kebakaran yang sesungguhnya.

Permainan simulasi ini perlu dilakukan tidak hanya sekali. Hal ini dimaksudkan agar kesiapan dan kesadaran bahwa krisis sewaktu-waktu dapat terjadi selalu dalam pikiran pemegang keputusan di perusahaan.

Upaya Kuratif

Pada saat krisis melanda perusahaan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan di dalam penanganan krisis:

Pertama, mengidentifikasi krisis. Pengidentifikasian krisis ini sangat penting dengan beberapa alasan. Yaitu tanpa adanya kejelasan faktor yang merupakan krisis maka akan sulit untuk mengatasi krisis. Kemudian, mengidentifikasi faktor yang menjadi aspek penting krisis, perusahaan dapat mengetahui apakah krisis tersebut dapat ditangani atau tidak.

Daripada membuang energi untuk menangani krisis yang jelas bakal tanpa memberikan hasil, perusahaan dapat melihat ke hal lain yang kiranya dapat mengurangi dampak krisis.

Harus disadari bahwa di kala perusahaan terkena krisis, banyak problem lain yang menyertainya yang merupakan krisis-krisis lainnya. Oleh karena itu krisis yang utama tersebut harus didentifikasi.

Untuk mengisolasi ‘krisis utama’ dari krisis lainnya langkah berikut dapat dilakukan. Pertama masing-masing anggota Tim Krisis Manajemen menanyakan kepada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut ini. Selanjutnya pertanyaan tersebut dinilai dengan menggunakan bantuan skala pengukur ‘Crisis Impact Values’.

Kedua, mengisolasi krisis. Krisis pada dasarnya sama dengan suatu penyakit menular. Bila seseorang terserang penyakit menular, dia harus diisolir dari orang-orang lainnya. Agar krisis tidak terlalu menganggu jalannya perusahaan, maka krisis harus ditangani oleh orang lain.

Bila yang menangani krisis adalah seseorang yag sangat sibuk dan memegang jabatan vital di perusahaannya, maka kesibukannya menangani krisis akan mengganggu fungsi utamanya menjalankan perusahaan. Jika pemegang jabatan vital harus menangani krisis maka tugasnya harus dialih tugaskan kepada orang lain.

Menangani krisis menuntut waktu, tenaga, dan pikiran yang amat besar. Jika krisis melanda perusahaan, berarti individu di dalam perusahaanlah yang akan menghadapinya. Bagaimanapun, menghadapi krisis perlu adanya persiapan mental dan fisik.

Di saat krisis berada dalam masa akut, seringkali anggota tim harus bekerja keras, kurang tidur, dan dilanda stres yang amat sangat. Keadaan lelah, kurang tidur dan stres tinggi ini akan menyebabkan keputusan yang diambil dalam menangani krisis menjadi kurang didasari oleh logika yang tepat.

Oleh karena itu sangat disarankan agar anggota tim krisis dipilih dari orang-orang yang kuat menghadapi stres dan semua kelelahan. Bila anggota tim tak kuat menghadapi pressure situasi yang begitu besar, baik dari media massa maupun pihak lain, sebaiknya ia diganti dengan anggota yang lebih kuat.

Selain itu, anggota tim perlu menyisihkan waktu untuk rileks guna menurunkan kelelahan dan stres. Bila seseorang harus menangani krisis, di samping fungsi vitalnya menjalankan perusahaan, sangat besar kemungkinan semuanya akan menjadi kacau. Krisis tidak terpecahkan, dan jalan perusahaan juga kacau.

Anggota tim ini sebaiknya dibebastugaskan dari pekerjaannya sehari-hari. Selain itu, untuk mengatasi kemungkinan seperti ini, banyak perusahaan di Amerika Serikat menggunakan jasa konsultasi manajemen krisis.

Menangani Krisis

Bila tim manajemen krisis sudah dibentuk dan berhasil mengidentifikasi krisis, maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisis untuk menentukan tindakan yang harus diambil.

Untuk membuat keputusan yang tepat, diperlukan informasi lengkap dan teknik pengambilan keputusan yang baik, serta sikap mental yang mendukung. Oleh karena itu, sangat diperlukan pengetahuan yang memadai dalam hal teknik pengambilan keputusan. Pengalaman yang diperoleh melalui training pengambilan keputusan, akan sangat bermanfaat dalam menghadapi krisis.

Begitu cepatnya perubahan terjadi di masa krisis, pengambilan keputusan pun berada dalam suasana yang mudah pula berubah. Di masa krisis, keputusan yang dibuat harus fleksibel, hingga dapat mengakomodasi keadaan. Perlu diingat, bahwa menangani krisis adalah menangani keputusan dengan cara yang baik.

Di masa krisis, sering terjadi perusahaan mendapat sorotan negatif dari media masa. Ketertutupan terhadap media masa akan membuat perusahaan makin menjadi sorotan. Upaya menghindari media masa, akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan menyembunyikan sesuatu.

Hal ini akan merugikan image perusahaan di mata masyarakat. Karena itu butuh keterbukaan dan kejujuran tim krisis dalam memberikan informasi tentang hal-hal yang terjadi.

Agar pemberian informasi kepada media massa menguntungkan pihak perusahaan, sangat dianjurkan untuk menunjuk seorang juru bicara yang mampu tenang menghadapi hujaman pertanyaan dari para wartawan.

Selain itu, apa-apa yang perlu dikomunikasikan harus dibicarakan lebih dahulu, agar tidak menimbulkan kerugian. Keterlibatan pakar komunikasi, psikolog, dan ahli bidang public relations, sangat disarankan dalam penyusunan informasi yang akan disampaikan kepada media massa.

0 komentar

Bisnis "Mobile Game" Makin Ciamik



Khusus di Indonesia saja, setiap hari terdapat 500.000 unduhan game. "Indonesia merupakan negara pengunduh game ponsel terbesar ketiga di dunia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 53,34% game diunduh dari ponsel Nokia dan sebanyak 23,94% diunduh dari ponsel SonyEricsson. Sementara sebanyak 11% pengunduh menggunakan ponsel merek China seperti Haier, Nexian, Tiphone, Huawei, dan Tianyu.

Terdongkrak oleh smartphone

Selain itu, jumlah pengunduh game mobile juga meningkat di India. Lai melihat, peningkatan ini didorong oleh tersedianya permainan lokal. Khusus di India misalkan, penyedia konten menyediakan permainan Reebok ZigTech yang hanya tersedia di negara tersebut. “Lokalisasi merupakan salah satu elemen kunci untuk melibatkan para pengguna mobile.

BuzzCity memperkirakan, tahun 2011 jumlah pengunduh permainan mobile akan mengalami peningkatan. Laju penambahan pengunduh itu akan didukung oleh naiknya pengguna ponsel cerdas. "Ponsel pintar yang menggabungkan handset dengan fitur akan mendominasi di banyak daerah. Ini yang membuat pengunduh game ponsel tahun depan akan berkembang," tukas Lai.

Pertumbuhan bisnis game mobile juga diakui oleh PT Bamboomedia Cipta Persada. Pengembang game asal Bali ini melihat, bisnis aplikasi game berkembang pesat seiring dengan menjamurnya warung internet (warnet) game online. "Sebagian besar warnet kini menyajikan game online," ujar Agus Prasetya Manajer Pemasaran Bamboomedia.

Hal ini mendorong Bamboomedia menciptakan aplikasi game online. Sebelumnya, Bamboomedia hanya menyediakan game dalam kepingan CD. Namun, tren game online mendorong perusahaan mengembangkan aplikasi game online. Menurut Agus, aplikasi game yang tersedia di www.Bamboomedia.net juga bisa dimainkan di ponsel yang menggunakan software flash.

Selain itu, biaya logistik yang meningkat membuat Bamboomedia menciptakan game online. Agus menerangkan, perusahaan perlu mendatangkan CD dari Jawa untuk memproduksi CD game. "Demi menekan biaya transportasi, kami menyediakan versi online," kata Agus. Ekspansi ke game online dan mobile ini ternyata berhasil membuat Bamboomedia menjangkau pasar lebih luas hingga ke Papua.

Untuk menarik jumlah pengunduh, Bamboomedia memberlakukan sistem keanggotaan secara gratis. Hingga kini, game online Bamboomedia sudah diikuti oleh 2.500 anggota. "Untuk mendapat pendapatan, kami menjual iklan di website," terang Agus. Bamboomedia memasang tarif iklan seharga Rp 500.000-Rp 2,5 juta per hari. Pendapatan iklan memberikan kontribusi 60% terhadap total pendapatan Bamboomedia. Selain itu, Bamboomedia juga mempertahankan penjualan CD game. Perusahaan menjual CD games seharga Rp 35.000-Rp 50.000 per keping. Saban bulan, Bamboomedia bisa menjual 10.000 keping CD.
0 komentar

Motor Jadul tapi Gagah





Modifikasi sepeda motor ini mengarah ke aliran Cafe Racer. Tampilannya seperti motor balap zaman dulu yang dilakoni para bule. Ketika itu, cirinya, fairing membulat dan suspensi belakang ganda atau tangki bensin memanjang.

New School modern(yang warna kuning) Suzuki Thunder 250 ini perpaduan modern dan klasik. Untuk pengerjaannya dimulai dari papas rangka belakang sebanyak 25 cm. Customized sasis ini sudah tentu untuk mengejar bentuk ekor tawon. "Pakai pipa yang diameternya sama dengan rangka asli. Cuma bentuk ujungnya seperti huruf "U",".

Era modernnya tampak pada lengan ayun. Bawaan standar yang terlalu besar dan kekar jadi tidak imbang. Maka, desain ulangnya mirip punya Ducati dengan bahan dari pipa. Kesan sport kina kuat dengan pemakaian monosok dan knalpot di bawah undertail.


Ol Skool (yang warna hijau) Sementara Cafe racer ini lebih dekat dengan zaman dulu. Seperti single seater, sokbreker belakang model ganda, dan tampilan setangnya model balap yang dilengkapi dengan mini winshield serta didukung komponen racing berfitur lawas.

Bukan berarti pada Honda CB 125 produksi 1976 tidak ada bolt-on new school. Perhatikan pada setang, posisi pipa teleskopik sudah naik dari segitiga dan bagian tengaj diisi setang jepit dengan gesain terbaru. Belum lagi pemasangan gas spontan serta handel yang biasa dipakai pada motor harian.

Untuk kerangka tak banyak di chop. Ia hanya memberi sentuhan minimalis dengan mengadopsi tangki custom dan jok tunggal sebagai ciri dari Cafe Racer.
0 komentar

Firefox 4


Mozilla merilis versi beta terakhir untuk Firefox 4, browser internet terbarunya, sebelum merilis versi final. Beberapa perbaikan telah dilakukan antara lain dukungan penuh terhadap grafik tiga dimensi (3D) berbasis standar WebGL.

"Firefox 4 beta sekarang mendukung WebGL untuk kartu grafik built-in modern yang umum digunakan. Hal ini membuat para pengembang makin mudah menciptakan game 3D interaktif, grafik yang jelas, dan pengalaman visual baru di web tanpa tergantung plug-in dari pihak ketiga," kata Mike Beltzner, Product Manager Firefox, dalam blognya, kemarin.

WebGL merupakan standar terbuka untuk menyajikan grafik tiga dimensi di web. Dengan adanya WebGL dalam browser, tidak diperlukan lagi Java, Flash, atau program tambahan lainnya untuk menampilkan animasi tiga dimensi. Ini merupakan salah satu produk yang memanfaatkan elemen HTML5 yang didukung banyak pengembang browser, seperti Google Chrome, Opera, dan Apple Safari.

Sebelumnya, Google memperkenalkan salah satu implementasi WebGl pada perangkat yang dinamai Body Browser. Dengan perangkat ini, pengunjung web dapat mempelajari bagian-bagian tubuh dalam bentuk tiga dimensi dan interaktif langsung di web.

14 December 2010 0 komentar

Tips membuka bisnis Franchise makanan & minuman

bisnis waralaba yang memang paling banyak diminati adalah waralaba makanan atau yang lebih sering juga disebut Franchise makanan & minuman. Berbagai orang menganggap apabila semua orang itu butuh makan dan minum, sehingga banyak sekali jenis dan macam - macam makanan atau minuman pilihan yang ditawarkan sehingga peluang bisnis ini banyak diminati oleh orang- orang yang ingin merauk keuntung. ini ada sedikit Tips apabila anda ingin mendirikan usaha tersebut.

Modal memang hal utama bagi seorang waralaba. Anda harus dapat memperhitungkan secara rinci kapan Anda ingin mempunyai bisnis sampingan tersebut, apakah dalam 1 bulan atau 1 tahun? dan berapa modal yang diperlukan untuk bisnis tersebut. Jika kita ingin memulai usaha namun modal belum ada, sebagai seorang karyawan yang ingin memiliki usaha sampingan, modal dapat dikumpulkan dengan memotong gaji kita per bulan dengan menyetor di rekening yang kita miliki, bisa dengan terpisah atau dengan tabungan berjangka (jika waktu yang direncanakan lebih dari satu tahun). Hal ini menghindari agar Anda tidak tergoda untuk mengambil di tengah jalan sampai waktu yang ditentukan.

Jika Anda ingin mempekerjakan seorang karyawan untuk menjalankan usaha tersebut, yang diperlukan adalah cara kontrol terhadap penjualan yang telah dilakukannya. Disini Anda dapat menghitung misalnya 1 kg ayam dapat menjadi ± 25 potong ayam goreng. Jika Anda menghargai 1 potong Rp. 5.000,- maka karyawan tersebut harus menyetor Rp. 125.000,-. Atau untuk minuman, Anda dapat membuat tanda terima yang dihitung dari jumlah gelas yang dibawa. Jadi kita dapat menghitung kejujuran karyawan dari penjualan per porsi. Kita dapat mengecek berapa porsi yang telah terjual dan berapa sisanya, apakah sesuai atau tidak. Sebaiknya laporan keuangan penjualan makanan dan minuman dipisah agar dapat dievaluasi keuntungan dari tiap produk.

Bagi pewaralaba makanan ataupun minuman, jelas aktifitas yang dilakukan adalah kegiatan memasak dan resiko terbesar adalah terjadi ledakan ataupun kebakaran. Untuk itu diperlukan cara untuk menjaga aset dan property yang Anda miliki. Dalam hal ini adalah asuransi kebakaran. Selain itu, resiko yang biasa diderita bagi karyawan yang berada di dapur adalah bisa jadi karyawan Anda teriris jempolnya saat memotong atau luka bakar. Jadi yang perlu dimiliki juga selain asuransi kebakaran adalah asuransi kecelakaan.
 
;