15 April 2010

Tips buat mesin suzuki thunder 125

Cabut Per Klep

1338per-klep---thunder-1.jpgGasingan mesin Suzuki Thunder 125 pada putaran atas seringkali tersendat. Memang dari pabrikannya dibuat penahan, berupa per pembalik di pelatuk klep buang (gbr. 1). Fungsinya bikin Thunder 125 makin irit saat digeber. 1339per-klep---thunder-2.jpg

Bagi yang suka tarikan atas Thunder terasa lebih enteng, per pembalik itu bisa dicabut (gbr. 2). Sehingga gasingan mesin dari bawah ke tarikan atas makin yahud dan enteng.

“Di Thunder per pembalik mungkin oleh pabriknya agar bukaan gas buang tidak terlalu terbuka. Sehingga saat nutupnya juga lebih cepat.

Itu berakibat tarikan bawah jadi dirasa agak berat.
1340per-klep---thunder-3.jpg
Untuk mengentengkannya, per klep bisa dicopot. Karena fungsinya sekadar penahan. Caranya, buka dulu tutup kepala silinder pakai kunci 12. Selanjutnya copot. Tapi sebelumnya pindahkan ke posisi top yaitu pada posisi TMA (Titik Mati Atas). Setelah head terbuka kelihatan pelatuk klep dan per pembaliknya.

Langsung copot per pembaliknya. Gunakan tang untuk menarik as pemegang pelatuk (gbr. 3). Beres dan silakan pasang ulang. Dipastikan tarikan Thunder 125 makin enak saat digas.

0 komentar:

Post a Comment

 
;