16 November 2010

Sistem Informasi

A. Konsep Dasar Informasi

Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk mengambil keputusan.
Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal atau data-item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang terjadi adalah perubahan nilai barang menjadi nilai uang atau piutang dagang. kesatuan nyata(fact) adalah suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.

B. Siklus Informasi


Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut untuk mendapatkan suatu informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam huruf-nuruf atau alfhabet, angka-angka, berbentuk suara, sinyal-sinyal, gambar, DLL.



C. Kualitas Informasi

Kualitas dari suatu informasi tergantung dari tiga hal, yaitu Akurat, tepat pada waktunya dan relevan.

Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa menyesatkan. informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan(noise) yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut.
Tepat pada waktunya berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. karena sebuah informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi.
Relevan
berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakaiannya. misal informasi mengenai sebab musabab kerusakan mesin produksi kepada akuntan perusahaan adalah kurang relevan dan akan lebih relevan bila di tujukan kepada ahli teknik perusahaan.

D. Nilai Informasi

Suatu informasi dikatakan bernilai apabila manfaatnya lebih efektif di bandingkan dengan biaya mendapatkannya. kegunaan informasi adalah untuuk mengurangi hal ketidak pastian di dalam proses pegambilan keputusa tentang sesuatu keadaan.

0 komentar:

Post a Comment

 
;